Yamaha R25 dan Tipe Termurah Kawasakiatau Ninja ZX-25R?
PT BEST PROFIT FUTURES BANDUNG, Best Profit - Kawasaki Ninja ZX-25R
resmi hadir di Indonesia. Otomatis motor sport 250 cc ini berhadapan dengan
beberapa kompetitor, seperti Yamaha R25.
Sekalipun punya daya tarik mesin dengan 4 silindernya dan teknologi
traction control, kadang konsumen yang bukan loyalis brand bisa berbelok bila
disodori harga dengan rentang yang jauh.
Seperti kedua motor sport tersebut,
rentang harga terdekatnya jadi sekitar Rp28 juta, antara varian tertinggi R25
dan tipe terendah Ninja. Lantas, apakah perbedaan harga tersebut bisa
memindahkan hati calon pembeli Kawasaki Ninja ZX-25R ke Yamaha R25? Lihat
ulasan yang diberikan Oto.com kali ini: Bestprofit
Tampilan Luar
Mengacu postur tubuh antar keduanya terlihat kesetaraan sebagaimana
motor fairing 250 cc. Kompak dan dibungkus agresif bak kuda kompetisi sirkuit
aspal. Yamaha R25 mencatatkan dimensi 2.090 x 720 x 1.135 mm (PxLxT), berdiri
di atas sasis diamond. Sementara itu, Kawasaki Ninja ZX-25R terlihat sedikit
lebih susut di atas kertas: 1.980 x 750 x 1.110 mm. Kendati begitu, mereka
sama-sama mengusung jarak antarsumbu 1.380 mm.
Tentu punya ciri masing-masing sebagai pembeda. Yamaha R25 melenggok
sporty dan bermain rapih. Fairing dan frame menutup jeroan cukup rapat sehingga
menyisakan sedikit ruang untuk mengintip. PT Bestprofit
Di lain sisi, Kawasaki Ninja ZX-25R
cenderung membuka diri. Lumayan vulgar mempertontonkan frame dan jantung pacu.
Di sektor penerangan, baik Yamaha atau Kawasaki sudah menganut LED.
Performa dan Fitur Riding
Seperti jajaran motor sport 250 cc kontemporer, Yamaha R25 masih
bermesin dua silinder DOHC berpendingin cairan. Dimensi internal mencirikan
nilai sports bike lantaran bersikap overbore guna menyuguhkan teriakan lantang
di putaran atas. Dicatatkan diameter silinder selebar 60 mm dibarengi langkah
sejauh 44,1 mm. Uppercut pendek ini ciptakan gerakan gesit memutar crankshaft. PT Best Profit
Hal ini dibuktikan oleh capaian tenaga 35,5 Tk di putaran 12.000 rpm.
Meski angka ini tampak boyo di antara lawan sejenis, beda cerita kalau menyoal
momen puntir.
Kekuatan maksimum keluar pada 10.000 rpm dengan torehan 23,6 Nm
diraih berkat langkah pembakaran yang sedikit lebih panjang. Penyaluran ke roda
kemudian diterjemahkan oleh girboks enam percepatan dan rantai. Best
Tidak ada intervensi mode berkendara atau fitur-fitur canggih nan
memikat. Standar dan moderat, paling banter sakelar cut-off 3-in-1 ala moge
dengan fungsi starter. Itu saja, tanpa kecanggihan traction control atau
slipper clutch. Jangan harap pula eksistensi quick shifter.
Kawasaki Ninja ZX-25R juga menganut jantung seperempat liter
berkarakter overbore. Namun kubikasi bukanlah parameter kesetaraan performa.
Ada pengaruh lain, salah satunya jumlah silinder. Seperti diketahui, sports
bike lansiran Geng Hijau menggendong mesin empat silinder. Bukan lagi 250 cc,
secara potensi jauh melampaui segmen itu. PT Best
Ya, nuansa balap lebih kental lagi, sanggup menyanyikan nada-nada
tinggi dengan merdu. Dengarkan suara merangsang dari unit empat silinder itu.
Puncak keluaran tenaga eksis di putaran 15.500 rpm dengan nilai total hingga
50,3 Tk. Pun masih bisa terus digarap hingga 17.000 rpm lebih. Sadis. Namun
kalau melihat angka torsi, nilainya justru di bawah R25. Ia siapkan kekuatan
22,9 Nm saja pada 15.500 rpm.
Bukan sekadar jantung ekstra kuat, Kawasaki turut menurunkan fitur
moge ke adik kecilnya ini. Sebut saja power mode, bekerja efektif bersama
Electronic Control Valve. Karakteristik gelontoran tenaga bisa diatur
sedemikian rupa menyesuaikan keinginan pengemudi – mau dibuat penuh emosi atau
santai. Bpf
Sikap pengendalian turut didikte oleh KTRC (Kawasaki Traction Control),
bertugas membaca kemungkinan sekaligus menanggulangi selip. Andai merasa tak
butuh bantuan, semua pembantu ini bisa diistirahatkan.
Varian termahal Special Edition lebih canggih lagi. Girboks enam
percepatan disandingkan Kawasaki Quick Shifter. Komponen ini memungkinkan rider
melakukan upshift atau downshift tanpa perlu interaksi kopling di atas 2.500
rpm. Dengan demikian, melancarkan serangan jadi lebih mudah lantaran tinggal
tendang atau congkel tuas untuk menyeleksi gigi. PT Bpf
Komponen Pengendalian
Jantung Ninja menggantung di rangka trellis, terinspirasi dari kuda
kompetisi WSBK ZX-10R. Begitu pula karakteristik panutan diteruskan hingga
sektor kaki-kaki. Contoh peredaman bantingan depan lewat inverted fork 37 mm
berteknologi Separate Function Fork – Big Piston (SFF-BP) menjamin handling
mumpuni antara penggunaan harian sekaligus di trek.
Hal istimewa turut ditampilkan di poros belakang melalui Horizontal
Back-link Rear Suspension. Ia menyangga swing arm melengkung berbahan
high-tensile steel. Langkah ini menjadikan Kawasaki Ninja ZX-25R sebagai pionir
di kelas 250 cc di samping mesin empat silindernya. Bestprofit Futures
Garda terdepan kontak dengan aspal mengenakan karet Dunlop GPR300 di
pelek lima bintang 17 inci. Sepatutnya kaki dibuat berbeda ukuran demi traksi
maksimum di sumber putaran. Di depan mengusung ban selebar 110 mm dalam aspek
rasio ketebalan 70 persen. Belakang jelas lebar, 150 mm dan ketebalan 60
persen.
Lalu, sudah wajar dan menjadi kewajiban bahwa kekuatan menghela laju
harus mengimbangi kemampuan memacu. Geng Hijau terlihat serius mempertimbangkan
hal ini karena menjebloskan kaliper empat piston Radial-Mount Monobloc sebagai
penjepit piringan 310 mm. Di belakang, cakram 220 mm beroperasi sinergis. PT Bestprofit Futures
Jangan dulu meremehkan kaki-kaki R25 sebab turut ditemukan fork upside
down 37 mm. Memaksimalkan handling di tikungan lewat redaman lambat. Melengkapi
suspensi depan, swing arm di buritan menganut geometri monoshock. Hubungan ke
aspal dieratkan oleh pelek 17 inci dibalut ban 110/70 (depan) dan roda gemuk
140/70 (belakang).
Daya henti tentu menyesuaikan potensi mesin sehingga tidak perlu
kaliper empat pot. Dua piston cukup untuk menahan putaran cakram, sementara
pasangannya hanya punya satu. Sebagaimana langkah pemasaran di Tanah Air,
Yamaha dan Kawasaki membekali piranti ABS di varian teratas saja. Best Profit Futures
Pemasaran
Yamaha memasarkan dua varian: ABS dan non-ABS. Semua disediakan tiga
pilihan warna yakni Racing Blue, Matte Red, dan Matte Black. Model non ABS
dibanderol Rp61,665 juta sementara tipe ABS Rp68,125 juta (OTR Jakarta).
Harga Kawasaki Ninja ZX-25R dimulai dari Rp96 juta untuk tunggangan
tanpa ABS dan Quick Shifter. Kelirnya hanya satu pilihan yakni Metallic Spark
Black. PT Best Profit Futures
Andai mengidamkan dua komponen pelengkap tadi siapkan saja dana Rp112, 9
juta. Anda disuguhi tiga opsi baju: Lime Green/Ebony, Metallic Spark
Black/Pearl Flat Stardust White, Candy Plasma Blue/Metallic Spark Black.
Dapat dilihat selisih begitu jauh. YZF-R25 termahal dan ZX-25R termurah
saja beda Rp 27,875 juta. Lebih jauh lagi kalau membandingkan varian tertinggi,
sampai Rp 44,775 juta. PT Best Profit Futures Bandung
Simpulan
Ini bukan tentang siapa pilih siapa karena sulit untuk menyebut
keduanya berada di satu halaman yang sama. Ya, kubikasi mesin memang setara
namun secara karakteristik tidak adil kala harus menentukan siapa sang anak
emas.
Tapi setidaknya ekstra Rp 28 jutaan dari banderol Yamaha R25 diketahui
terbayar oleh banyak kelebihan. Jauh lebih ampuh? Bisa dibilang begitu karena
sejatinya ZX-25R adalah spesies berbeda, suguhkan kemampuan moge 400 cc dalam
identitas 250 cc.
Sumber
liputan6.com
bestprofit, pt
bestprofit, best profit, pt best profit, best, pt best, bpf
bestprofit futures,
best profit futures, pt bestprofit futures, pt best profit futures
PT BESTPROFIT FUTURES BANDUNG
Comments
Post a Comment