Menjajal Toyota Raize 1.0L Turbo
PT BEST PROFIT FUTURES BANDUNG, Best Profit - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan jagoan terbaru
di segmen sport utility vehicle (SUV) kompak, Raize.
Model ini, tersedia dalam beberapa varian, mulai dari G MT Rp 219
juta, G CVT Rp 233,1 juta hingga strata tertinggi GR Sport CVT TSS two tone
yang dibanderol Rp 265,9 juta on the road Jakarta.
Tidak perlu menunggu lama, Toyota juga langsung mengajak beberapa
media nasional, termasuk Liputan6.com untuk mencoba mobil bermesin 1.0L turbo
ini menjelajah jalanan Jakarta. Dalam sesi tes kali ini, Liputan6.com
mendapatkan varian paling tinggi, yaitu GR Sport CVT TSS two tone.
Sebelum masuk ke kabin mobil berkonfigurasi lima penumpang ini, kami
cukup dibuat kagum dengan tampilan luar kendaraan ini, yang secara garis besar
cukup sporty dan sangat cocok digunakan kaum muda. Mau tahu ulasan terkait
eksterior, interior, fitur, dan performa Toyota Raize? Mari bahas satu per
satu:
Eksterior
Seperti yang sudah disinggung di atas, Toyota Raize memiliki tampilan
yang sporty dengan grille besar membentuk trapesium. Desain ini, jika
dibandingkan dengan kompetitornya di Tanah Air, Toyota Raize terasa lebih
unggul.
Grille Raize dibuat berkebalikan. Bentuk trapezoidal melebar ke bawah
hingga menyatu area fog lamp. Sementara bagian atas punya grille sendiri yang
menyatukan headlamp. Kental nuansa sama seperti desain wajah Agya dan Yaris
facelift.
Dan untuk pertama kalinya GR Sport jadi varian teratas model Toyota,
mengenalkan divisi sport selain TRD Sportivo yang sudah akrab. Sama juga,
sebatas hiasan semata, berupa body kit sekeliling bodi tak lupa emblem GR
Sport. Tambahan kesan sporty didapat dari laburan kelir hitam di pelek dan
two-tone.
Interior
Masuk ke dalam kabin, kesan elegan langsung terpancar dari mobil ini.
Dengan nuansa interior serba hitam, meskipun materialnya masih ada yang
menggunakan plastik.
Duduk di bangku pengemudi untuk pertama kali, jok berbalut fabric dan
kulit cukup menjadikan tubuh ini terasa nyaman, dan jok memeluk dengan badan
dengan optimal.
Headunit (HU) besar berukuran 9 inch menjadi pusat hiburan di mobil
ini, dan setir yang terdapat banyak tombol pengaturan, baik untuk hiburan dan
fitur mengemudi. Selain itu, pengaturan auto AC sudah tombol digital. Selain
itu, pilihan paddle shift di balik kemudi untuk sensasi berkendara yang
memuaskan.
Namun, ketika duduk sebagai penumpang, baik di depan maupun belakang,
bagi Liputan6.com yang memiliki tinggi badan 170-an cm dan berat 85-an kg,
terasa cukup sempit alias tidak terlalu luas. Efeknya, penumpang tidak terlalu
leluasa untuk bergerak, terlebih jika mobil terisi penuh.
Tapi, hal ini masih dalam batas toleransi, karena memang masih terasa
cukup nyaman untuk mobil dengan dimensi panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan
tinggi 1.635 mm. Jarak sumbu roda 2.525 mm dengan ground clearance 200 mm.
Fitur
Tidak seperti kebiasaan Toyota, Raize ini adalah pengecualian. Dengan
harga yang cukup terjangkau di segmennya, namun jenama asal Jepang ini sangat
tidak pelit fitur. Bahkan, teknologi yang terdapat di mobil ini bisa dibilang
sangat banyak, dan pastinya berguna untuk mendukung sensasi berkendara.
Beragam fitur bisa dilihat dari varian GR Sport, yang menawarkan
teknologi keselamatan canggih, yang disebut Toyota Safety Sense (TSS). Airbag 6
titik, fitur yang lebih lengkap seperti Lane Departure Assist with Steering
Control, Pedal Misoperation Control, Pre-collision System, Front Departure
Alert, Rear Cross Traffic Alert plus Blind Spot Monitoring dan Adaptive Cruise
Control.
Sedangkan untuk hiburan dan informasi, meter cluster (MID) 7 inci TFT
dengan display interaktif dan modern. Layar dapat diganti dalam empat tampilan
yaitu Advanced, Exciting, Simple, serta Analog. Selain itu terdapat juga
advanced features lain. Misalnya steering switch, interior illumination, serta
interactive 9 inch head unit bergaya floating design.
Konsumen dapat terkoneksi dengan smart device T-Link dan mempunyai
fitur personal reminder. Bahkan dapat dimanfaatkan sebagai pengingat aturan
pelat nomor ganjil-genap. Tinggal memasukkan data mobil ke dalam sistemnya.
Performa
Setelah puas mengulik ekterior, interior, dan fitur, saatnya mencoba
Toyota Raize ini. Rute pertama, Liputan6.com langsung mengambil posisi sebagai
pengendara. Menyalakan mesin mobil ini, cukup dengan menakan tombol star/stop
dan kemudian terdengar suara halus dari mesin berkode 1KR-VET berkapasitas 1.0
L turbo 3-silinder ini.
Pertama menginjak gas, tenaga mobil ini cukup responsif mulai dari
putaran bawah. Dari titik kumpul pertama menuju pemberhentian selanjutnya, kami
melewati jalur perkotaan dengan lalu lintas yang cukup ramai lancar, meskipun
tidak mengalami kemacetan yang berarti.
Saat diajak bermanuver membelah ibukota, mesin Toyota Raize ini bisa
dibilang tidak lemot, tapi memang juga tidak terlalu istimewa. Dengan girboks
CVT, perpindahan gigi terasa halus, dan memang cocok digunakan di dalam
perkotaan.
Untuk menuju tempat pertama, rombongan harus melewati parkiran
menanjak sebanyak 13 putaran. Meskipun terisi tiga orang, termasuk pengemudi,
mobil ini melibas berbagai tanjakan parkiran tanpa kesulitan berarti.
Menjadi konsentrasi kami, kebanyakan mesin tiga silinder menghasilkan
getaran yang cukup terasa. Tapi, untuk Toyota Raize ini tidak terasa berlebihan.
meskipun masih ada suara mesin masuk ke kabin, tapi itu sangat kecil sekali dan
bahkan bisa dibilang tidak ada noise dari mesin tersebut.
Rute kedua, Liputan6.com sudah beralih menjadi penumpang. Dalam
perjalanan menuju tempat selanjutnya, kami melewati kembali jalur perkotaan
yang kemudian masuk ke jalur bebas hambatan alias tol.
Berdasarkan penuturan rekan semobil, mobil ini juga mumpuni untuk
diajak ngebut di jalur bebas hambatan. Terlebih, dengan berbagai fitur yang
ada, sangat amat membantu ketika mengendarai kembaran dari Daihatsu Rocky
tersebut.
Kesimpulan
Dengan harga yang cukup terjangkau, mobil ini kaya akan fitur canggih.
Pastinya, mobil ini sangat bisa menjadi alternatif bagi calon konsumen yang
membutuhkan sebuah mobil kompak untuk transportasi sehari-hari.
Terlebih lagi, selain semua kelebihan yang sudah dijabarkan, bagasi
mobil ini juga sangat fleksibel, dengan mampu menampung berbagai barang bawaan
sang pemilik mobil.
Kekurangan mobil ini, sudah kami sebutkan sebelumnya, yaitu bagi
penumpang dengan tinggi badan yang mirip dengan kami, pastinya akan terasa
sempit dan tidak leluasa bergerak. Tapi, hal tersebut masih termasuk dalam
batas wajar, dengan statusnya sebagai mobil kompak lima penumpang.
Sumber
liputan6.com
lowongan, lowongan kerja, lowongan kerja
bandung, loker bandung
best profit,
bestprofit, pt bestprofit, pt best profit, best, pt best, bpf
pt bpf, bestprofit
futures, pt bestprofit futures, best profit futures, pt best profit futures
PT BESTPROFIT FUTURES BANDUNG
Comments
Post a Comment