Ferrari 250 GTO, Mobil Termahal yang Pernah Dijual
PT BEST PROFIT FUTURES BANDUNG, PT Bestprofit - Para petrolhead alias pecinta sejati otomotif pasti kenal
dengan Ferrari 250 GTO. Mobil yang
diproduksi untuk balapan ini sangat bersejarah karena selama enam dekade
menjadi incaran para kolektor.
Mengutip dari Hot Cars, Selasa (17/8/2021), awalnya mobil ini dibuat
untuk bersaing di trek balap 3 GT. Saingannya dalam balapan tersebut adalah
Shelby Cobra, Jaguar E-Type, dan Aston Martin DP214.
Namun, hingga kini peminat mobil klasik ini masih tetap banyak di
kalangan kolektor. Rekor mobil termahal belum terpecahkan dan masih terus
berlanjut hingga sekarang. Bukan hanya sekedar klasik, melainkan ada sejarah,
fitur hebat, serta pengagum dari berbagai kalangan.
Yuk kita lihat fakta-fakta mengenai Ferrari 250 GTO yang belum banyak
diketahui publik. Popularitasnya yang terus berada di puncak membuat orang
mengabaikan alasan di balik mobil termahal ini:
1. Sejarah Panjang
Ferrari 250 GTO mulai diproduksi pada 1962 hingga 1964. Proses produksi
yang dilakukan secara eksplisit untuk homologasi⎼persetujuan antara debitur dan
kreditur untuk mengakhiri kepailitan. Tak heran jika mobil ini dibangun dengan
mesin Ferrari Tipo 168/62 Colombo V12.
Hanya 33 mobil saja dari 250 GTO yang diproduksi pada 1962 hingga
1963. Kemudian, 33 di antaranya dibuat dengan bodywork dari 1962 hingga 1963
dan tiga lainnya dibuat dengan bodywork 1964 mirip dengan Ferrari 250 LM.
Saat itu harga jualnya USD 18 ribu atau senilai Rp258 juta dengan
estimasi kurs rupiah 14.350 per dolar AS. Pembeli pertama disetujui oleh Enzo
Ferrari bersama dealer-nya Luigi Chinetti. Sejak saat itu, model 250 GTO
menjadi populer di kalangan kolektor mobil hingga harganya memecahkan rekor
penjualan.
2. Desain
Mesin dirancang oleh Chief Engineer Giotto Bizzarrini. Ia seringkali
disebut sebagai pengembang 250 GTO, hingga akhirnya Bizzarrini dan insinyur
lainnya dipecat pada 1962 karena bertengkar dengan Enzo Ferrari. Akhirnya, GTO
pun diawasi oleh insinyur baru Mauro Forghieri yang kini mengembangkan bodi
mobil bersama Scaglietti.
Kendaraan ini didasarkan pada model 250 GT SWB dengan rangka dan
geometri yang berusaha dibuat berbeda untuk mengurangi bobot, meningkatkan
kekakuan, dan menurunkan sasis⎼kerangka kendaraan.
Tak hanya itu, struktur logam yang dipakai dapat menghasilkan sekitar
300 tenaga kuda. Sinkronisasi yang dilakukan diadaptasi dari Porsche. Oleh
karena itu, Bizzarrini memasukkan segalanya ke dalam desain mobil agar
membuatnya menjadi mesin yang cepat dan juga indah.
3. Warisan yang Tak Ternilai
Setelah beberapa tahun terlewati, gagasan dari Ferrari sendiri
menyatakan kalau 250 GTO tidak memberikan celah persaingan apapun kepada mobil
lainnya. Ferrari memang dikenal sebagai merek paling terkenal di dunia,
reputasi yang dimiliki pun berasal dari gabungan dari beberapa kendaraan unik⎼secara
teknis⎼yang pernah ada di dunia.
Meskipun demikian, hal tersebut memungkinkan menjadi contoh produk
terbaik Ferrari. Adapun produk 250 GTO telah melampaui harapan semua orang dan
menjadikan dirinya menjadi legenda di dunia otomotif serta menjadi salah satu
mobil paling dicari dan dikoleksi.
4. Sederhana tapi Dinamis
Bizzarrini sendiri membuat karya produksinya dengan berfokus pada
desain dan aerodinamika mobil untuk meningkatkan kecepatan mobil dengan
stabilitas tinggi. Strukturnya sendiri sudah didasarkan atas uji terowongan
angin di Universitas Pisa dan uji jalan serta lintasan dari berbagai prototipe.
Kulit mobil dari aluminium tersebut memiliki haluan yang panjang dan
rendah sehingga saluran udara yang masuk kecil. Oleh karena itu, desain aerodinamis
ini menjadi inovasi teknologi utama dari Ferrari GT sebelumnya.
5. Interior Mobil Balap
Tak seperti produk mewah Ferrari lainnya, interior 250 GTO dibuat
secara sederhana karena tidak ada tombol atau saklar merah yang menyangkut
aspek elektronik. Hanya menggunakan spedometer dasar saja di dasbor.
Namun, ada shifter logam berpagar cantik yang masih ikonik hingga
gini. Lalu, kulit yang digunakan pada area tertentu seperti jok. Desain ini
sengaja dipilih sebagai performa murni mobil yang berada di trek balapan.
6. Punya Varian yang Menarik
Setiap produk manual dan pemeliharaan mobil selama beberapa dekade ini
telah memberikan gambaran dan perbedaan yang jelas dan nyata di antara seluruh
250 GTO yang pernah diproduksi perusahaan.
Pada 1964, Ferrari pernah menugaskan Mauro Forghieri dan Mike Parks
untuk melakukan revisi pada desain bodi 250 GTO. Hasil yang dilakukan dikenal
dengan ‘64 GTO atau Seri II. Tiga mobil baru itu diproduksi dengan spesifikasi
1954 dan meningkatkan empat dari 250 GTO sebelumnya.
Pembaruan tersebut lalu memberikan peluang bagi GTO untuk bisa tetap
kompetitif selama satu tahun lagi karena Fédération Internationale de
l'Automobile (FIA) sudah memutuskan tidak lagi menyetujui 250 LM untuk balap
kelas GT pada 1964.
7. Mesin V12
Pembaruan yang sudah dilakukan secara menyeluruh, tetapi Ferrari
memilih untuk tetap menggunakan mesin yang terbukti secara kualitas, yaitu 250
Testa Rossa⎼mesin V12 3.0 liter all-alloy. Mesin yang menggunakan pelumas dry-sump dan
dilengkapi dengan enam karburator Weber 38 DCN twin-coke.
Melalui konfigurasi tersebut, V12 dapat menghasilkan 300 hp pada 700
rpm (revolutions per minute), 294 nanometer pada 550 rpm V12 akan menjadi merek
mobil yang tetap dapat bergerak menuju nol emisi. Tenaga ini mengalir ke poros
belakang melalui poros baling-baling dan dikendalikan oleh 5-speed
all-synchromesh manual transmission⎼transmisi kendaraan.
8. Rekor Harga Termahal
Harga GTO mulai meningkat dari empat digit pada 1970-an hingga sampai
saat ini. Setelah bertahun-tahun telah memecahkan rekor mobil termahal dalam
kategori pelelangan mobil atau penjualan pribadi.
Melansir dari Bloomberg, Rekor termahal lainnya diraih oleh GTO 250
lainnya senilai USD 35 juta seperti 1963 yang dimiliki oleh kolektor Conn. Paul
Pappalardo yang dijual kembali seharga USD 52 juta kepada pembeli yang tidak
dikenal.
Namun, lelang Monterey pada 2018 lalu, RM Sotheby’s menjual Ferrari
250 GTO dengan total USD 48,4 juta di lelang umum atau kurang lebih Rp 694,54
miliar.
Sumber
liputan6.com
lowongan, lowongan kerja, lowongan kerja
bandung, loker bandung
best profit,
bestprofit, pt bestprofit, pt best profit, best, pt best, bpf
pt bpf, bestprofit
futures, pt bestprofit futures, best profit futures, pt best profit futures
PT BESTPROFIT FUTURES BANDUNG
Comments
Post a Comment